# 10 TIPS MENGERJAKAN UJIAN

English French German Italian Dutch Spain Japanese Arabic Chinese Simplified

Tuesday 23 June 2009

10 TIPS MENGERJAKAN UJIAN


Banyak dari kita mengerjakan ujian dengan tidak efektif. Waktu terbuang percuma padahal masih banyak soal yang belum kita kerjakan. Terus gimana donk? Berikut 10 tips yang bisa membantu kamu-kamu dalam mengerjakan ujian.

1.datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal
Bawalah sebuah alat tulis yang kamu butuhkan.jangan andalkan pinjaman dari teman karena akan mengganggu dia dan kamu bias dicurigai pengawas. Jika kamu membawa perlengkapan yang dibutuhkan akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama menghadapi ujian.

2.Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia bertempur dengan baik. Jangan terpengaruh dengan jawaban teman anggap jawabanya salah dan jawabanmu yang benar.

3.bersantailah tapi tetap waspada.
Pilihlah kursi yang bagus atau yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan anda mendapat tempat duduk yang cukup untuk mengerjakan ujian. Pertahankan posisi duduk tegak.




4.preview soal-soal ujianmu dahulu(bila ujian memiliki waktu yang tidak terbatas).
Luangkan 10% dari waktu ujiam umtuk membaca soal-soal secar mendalam, tandai kata kunci dan putuskan beberapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu,baru soal yang sulit. Ketika anda membaca soal-soal,catat jug aide-ide yang munculyang akan digunakan sebagai jawaban.

5.jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang anda ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi
Pertanyaan terakhir yangseharusnya anda kerjakan adalah:
soal paling sulit
yang membutuhkan lama untuk menulis jawabanya.
Memiliki nilai terkecil

6.ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban dipilih/ditebak.
Mula-mula abaikan jawaban yang anda ketahui salah. Tebaklah suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat anda abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika anda mengetahui secara pasifdan ketika hukuman penguranan nilai digunakan. Karena pilihan pertama bias any benar, jangan menggantinya kecuali anda yakin akan koreksi yang anda lakukan.

7.ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan jawabanya sebelum menulis.
buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide-ide yang anda tulis kemudian nomor ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak anda diskusikan dulu


8.ketika mengerjakan soal ujian esai jawaban langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraph pertama sebagai overviewer esai. Gunakan paragraph-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetail. Dukung poinmu dengan informasi spesifik,contoh,atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9.sisihkan 10%waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu, hindari keinginnan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah anda menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa anda telah menyelesaikan semua pertanyaan baca ulang jawabn untuk memeriksa eja struktur bahasa dan tanda baca. untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakan decimal). Bandingkan jawaban matematika anda yang sebenarnya dengan perhitungan yang ringkas

10.analisis hasil ujianmu.
Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmh. Tentukan strategi mana yang tidak berhasildan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Dan yang nggak kalah penting , berdoa semoga hasil ujian kita baik.GOOD LUCK..!!





0 komentar:

Post a Comment

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!... Klik disini-1 dan disini-2".GRATIS

Login


Widget edited by Retarix Site
rahasia panas

Blog Archive

Followers

 

ABOUT ME- CARD

blog



sobat ingin jadi sahabat blog puguh182 sobat bisa klik icon dibawah ini dan jangan lupa kasih tau saya kalo sudah memasang bannernya..
blog

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Lifestyle theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Microebook.com

#